Pupuk dan Pemupukan Anggrek .. 1

Phal. violacea adalah anggrek spesies Indonsia
Phal. violacea adalah anggrek spesies Indonsia

Anggrek dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya memerlukan nutrisi. Di habitat aslinya anggrek mendapatkan nutrisi yang bersumber dari debu, uap air, kotoran hewan semisal burung, atau pun untuk anggrek terestrial (anggrek tanah) dapat melalui media serasah daun yang melapuk. Sehingga nutrisi yang diperoleh sedikit demi sedikit sesuai dengan kondisi di alam.

Pertanyaannya adalah bagaimana jika anggrek tersebut telah dibudidayakan baik skala rumah tangga maupun skala komersial. Dan sumber nutrisi apa yang dapat digunakan untuk memupuk anggrek?

Sumber nutrisi untuk anggrek yang telah dibudidayakan dapat bersumber dari pupuk yang diberikan. Sama halnya dengan tanaman selain anggrek, pupuk pun merupakan salah satu faktor unsur untuk memicu produktifitas pertumbuhan atau hasil. Dalam kesempatan ini dapat disampaikan pengelompokkan pupuk antara lain :

1. Pupuk Tunggal, adalah pupuk yang memiliki unsur kimia tunggal yang disuplay untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan tanaman. Contohnya adalah Urea (Amoniak/N 46%), SP 36 atau SP 18 (Phosphat/P 36-18%). Unsur tersebut didapat dari pengolahan bahan kimia buatan pabrik.

2. Pupuk 2 Unsur, adalah pupuk yang memiliki 2 unsur kimia yang disuplay untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan tanaman. Contohnya adalah KNO3 (Kalium/K dan Nitrat/N). Unsur tersebut didapat dari pengolahan bahan kimia buatan pabrik.

3. Pupuk Majemuk, adalah pupuk yang memiliki lebih dari 3 unsur kimia yang disuplay untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan tanaman. Contohnya adalah NPK (Nitrogen Phosphat Kalium), biasanya memiliki kadar unsur kimia 21:21:21, 16:16:16. Dapat ditemukan di toko pertanian dengan merek Mutiara, BASF, dll. Unsur tersebut didapat dari pengolahan bahan kimia buatan pabrik.

Dengan mengetahui jenis unsur yang dikandung dalam pupuk, diharapkan para petani atau hobiis dapat menggunakan pupuk tersebut secara efektif dan efisien. Tunggu informasi selanjutnya ….. BERSAMBUNG

11 thoughts on “Pupuk dan Pemupukan Anggrek .. 1

    • Untuk pertumbuhan vegetatif awal …. biasanya para Grower menggunakan pupuk NPK lengkap dengan kandungan Nirtogen yang lebih tinggi dibandingkan dengan Fosfor dan Kalium nya. Untuk merek bisa di tanya di toko pertanian

    • Pupuk perangsang akar dapat menggunakan pupuk majemuk atau pupuk NPK komplit (+ mikro) dengan konsentrasi perbandingan P yang tinggi. Contohnya NPK = 21:21:21 (pupuk majemuk yang rata perbandingannya), untuk penyubur akar dapat menggunakan NPK = 10:25: 15. Atau dapat menggunakan vitamin B1.

  1. Pingback: 2010 in review « LC Nursery & Laboratory

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s