Dendrobium ‘Primary Hybrids’ 1

D. Jessie Pung

D. Jessie Pung

Penting bagi para penyilang untuk mengetahui silsilah atau latar belakang dari sebuah induk anggrek. Sebagai penyilang yang baik ‘Good Breeder’ dan penyilang yang pintar membaca pelung ‘Smart Breeder’ (meminjam istilah Wirakusuma dari Edfrans Orchid) silsilah bagaikan road map untuk melihat ke masa depan. Sehingga dalam memprediksi hasil dari persilangan atau hibridanya tidak akan jauh meleset.

Dendrobium Jessie Pung disilangkan oleh W. Pung tahun 1955 antara Dendrobium schulleri x Dendrobium taurinum. Hingga tahun 2006 akhir belum ada yang menggunakan Dendrobium Jessie Pung sebagai induk silangan. Karakteristik dari induknya sudah mulai memudar. Dendrobium taurinum yang biasanya memiliki pseudobulb yang tinggi dan ramping tampak resesif jika dikawinkan dengan D. schulleri, sehingga tampak gen dominan terhadap tinggi tanaman terbukti dari bunga yang muncul pertama kali saat tinggi tanaman mencapai 25 cm. Bentuk bunga hasil┬ápersilangan antara bentuk bunga ‘Antelope Type’ untuk D. taurinum dan ‘Intermediate Type’ untuk schulleri menjadi menghasilkan perpaduan intermediate yang semi melintir. Warna bunga dari D. taurinum yang merah muda cerah menjadi hilang oleh warna kuning dari D. schulleri sehingga beberapa hibridanya menhasilkan warna kuning semburat kotor.

Dari hasil persilangan dari dua spesies ini masih dapat dihasilkan keturunan lanjutan yang belum dapat digambarkan keindahannya. Maju terus breeder Indonesia.

One thought on “Dendrobium ‘Primary Hybrids’ 1

  1. lcnursery says:

    Terima kasih atas penawarannya. Tapi mgkn ini sebagai bahan evaluasi saya pernah bikin iklan baris saat itu, di janjikan akan dimuat bulan depan karena berbarengan dengan topik anggrek (september) tapi setelah september tidak ada artikel ttg anggrek bahkan iklan saya tidak dimuat, saya telp. kemudian jawabannya iklan saya akan dimuat bulan depan karena artikel anggrek diundur (oktober) begitu terus berulang hingga bulan desember. Dan akhirnya saya minta dikembalikan uang pasang iklan, jwaban marketing trubus sangat mengejutkan. ‘Saya belum pernah transfer uang’. Gimana mgkn saya dari bulan September diundur dan dijanjikan akan di muat iklannya saat artikel anggrek dimuat. Tapi akhirnya dianggap saya belum teransfer.

    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s