7 Langkah Mudah Memelihara Anggrek

BACA, PELAJARI & LAKUKAN, Pelajari semua teknik budidaya anggrek, ikuti acara dan bergabunglah dengan organisasi local untuk mendapatkan informasi. Coba dan pelajari kesalahan terdahulu adalah guru yang paling baik. Cari informasi sebanyak mungkin. JIKA GAGAL, COBA DAN COBA LAGI, Coba untuk tetap memeliharan anggrek, dan terus mencoba. Bertanya kepada orang lain untuk mengatasi masalah yang terjadi dan tetap mencari informasi. SABAR, Jika anda memiliki anggrek yang sukar berbunga tetaplah untuk mencoba. Bersabar jika anggrek anda belum berbunga, gali lebih dalam mengenai karakteristik anggrek tersebut. JIKA TIDAK RUSAK JANGAN DIPERBAIKI, Contohnya pada Blc. Ports of Paradise yang ditanam pada pot tanah liat, kemudian berbunga. Dalam artikel lain dikatakan bahwa Blc. Ports of Paradise cocok ditanam pada slab (kulit kayu yang dipotong-potong) ternyata setelah pindah tanamn ternyata tanaman mati. LUANGKAN SEDIKIT WAKTU … DAPAT MENYELESAIKAN BANYAK MASALAH, Jangan menunda, jika mendapati masalah pada tanaman, baik itu serangan hama, jamur, dekomposisi media, dll. Lakukan perlakuan yang dibutuhkan secepatnya. Busuk akar akibat serangan bakteri dengan cepat menyebar sehingga perlu cepat mendapatkan perawatan. Satu atau Dua hama Tungau mungkin tidak terlihat secara kasat mata tetapi merupakan pertanda serangan untuk seluruh tanaman. CARI INFORMASI KEDUA, Jangan hanya mengandalkan satu saran dari para pengusaha atau petani anggrek. Selalu cek informasi setelah mendapatkan opini dari para ahli. Bacalah buku tentang anggrek dan selalu cek dan ricek dengan kebenaran informasi tersebut. TIDAK SEGAN UNTUK MERUBAH, Saat kita membeli suatu tanaman anggrek tanpa bunga, nama dan label tanyakan jenis dan namanya kepada penjual. Jika si penjual memberi nama A tetapi pada saat anggrek itu berbunga dan berbeda dengan identifikasi anggrek A, maka carilah nama anggrek tersebut dan rubahlah dengan nama yang benar (tertib dalam administrasi penamaan tanaman mencerminkan ke-profesionalan kita).

Blc. Ports of Paradise

Blc. Ports of Paradise

15 thoughts on “7 Langkah Mudah Memelihara Anggrek

  1. lcnursery says:

    Mba Erly,
    Beberapa variant dari Blc. Ports of Paradise antara lain, yang saya ketahui :
    Blc. Ports of Paradise ‘Green Ching Hua’ di Blog
    Blc. Ports of Paradise ‘Florence’
    Blc. Ports of Paradise ‘Gleneyrie’s Green Giant’ FCC/AOS.
    Tentunya banyak lagi varian lain hibrida dari persilangan (Blc. Fortune x B. digbyana)

  2. hany says:

    salam…
    senang dapaet info disini.sy pemula dalam hal merawat anggrek.apakah suatu keharusan untuk penggemar anggrek tau nama2 latinny?saya kok lieur baca nama2 asingnya…:)

    • lcnursery says:

      Salam juga …
      Untuk pemula dan baru akan memulai senang memelihara anggrek mungkin tidak terlalu penting. Tetapi jika proses menyenangi ini sudah ke hobby dan mengkoleksi beberapa jenis anggrek dengan sendirinya akan terbiasa dengan nama latin (nama asingnya…. red.). Terlebih jika kita sudah akan menyilangkan anggrek. Mengetahui nama anggrek sebagai salah satu penciri atau pengelompokan anggrek.

      LC

  3. rini says:

    Terima kasih buat artikelnya yg sangat membantu saya..
    sekedar buat info buat para pemula (sama seperti saya)

    Saya anggrek pemula (baru belajar 1 tahun 3 bulan) dari gagal.. gagal.. dan gagal lagi membungakan anggrek dendrobium. setelah tau triknya, alhamdulillah anggrek saya gak berenti kasi kejutan buat saya. malah ada yang satu pohon bisa bunga 2 tangkai sekaligus… ternyata merawat anggrek tidak sesulit yang orang bilang…
    asal lingkungan sesuai, sinar matahari cukup, pupuk n nutrisi terjaga… insya allah bunga anggreknya selalu muncul bergantian… pokoknya nyandu banget euyyyyy….
    trims

  4. wahyu says:

    Permisi,saya pemula dalam memelihara angrek,saya mau tanya!bagaimana cara merawat Dendrobium lasianthera, karena angrek ini gampang-gampang susah dalam perawatannya, tolong berikan tips-nya.
    Terimakasih
    salam
    wahyu

    • Kiki Hendarsyah says:

      Anggrek Dendrobium lasianthera masuk ke dalam Section Spatulata yang tumbuh dengan baik dan tersebar di wilayah Indonesia Timur terutama di Papua. Pemeliharaan yang baik adalah mengikuti habitus dari anggrek tersebut di alamnya. Kendala yang dihadapai saat kita berusaha untuk membudidayakannya adalah perbedaan habitus yang sangat signifikan. Pengalaman kami dalam memelihara anggrek jenis ini adalah tidak terlalu banyak air siraman, media yang digunakan hanya pecahan genting atau arang saja. Anggrek ini sangat suka kering dan tidak suka terlalu banyak air yg dapat mengakibatkan kebusukan pada calon anakan. Pada proses adaptasinya anggrek tersebut dpt lgsg terkena sinar matahari walaupun pada awalnya daun akan keriput (plasmolisis), kemudian terbakar dan gugur. Namun setelah itu akan lebih adaptif. Semoga informasi ini bermanfaat.

      LC Nursery

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s