Merawat & Membungakan Cattleya ‘the Queen of Orchid’

c-guatemalensis-x-lc-rojoCattleya termasuk ke dalam salah satu dari 5 genus terpopuler di dunia selain Dendrobium, Paphiopedilum, Phalaenopsis dan Cymbidium. Penyebarannya dari Amerika tengah hingga ke Selatan. Kekerabatan yang dekat dengan genus yang lain seperti Brassavola, Laelia, Sophronitis, Epidendrum, Caulatron, Broughtonia, Schomburgia. Sehingga menghasilkan hibrida-hibrida baru yang menarik dan atraktif.

c-sophia-martin-x-c-thospol-tricum-porm-flower-girl_5001Beberapa spesiesnya antara lain : C. bowringiana (Honduras), C. citrina (Mexico), C. dowiana (Costa Rica), C. guttata (Brazil), C. intermedia (Brazil), C. labiata (Brazil), C. trianaei (Colombia). Pembudidayaan di Indonesia dapat dilakukan dengan baik dikarenakan adanya kemiripan iklim tropis dengan daerah asalnya. Untuk memperbaiki sifat spesiesnya maka dilakukan persilangan baik antar spesies ataupun antar genus. Hasilnya adalah bunga yang lebih besar, warna yang lebih atraktif, wangi, lebih tahan lama, dan berbunga di luar musim.

blc-orglades-grand-white-tian-mu_500Perawatan dan pembungaan anggrek Cattleya dapat dilakukan di Indonesia. Syarat tumbuhnya adalah sebagai berikut :

Media : dapat berupa media tunggal seperti Pakis, Sphagnum Moss, Kulit Kayu Pinus, ataupun Arang. Dapat pula menggunakan media kombinasi seperti Pakis dan Batu Zeolit, Pakis dan Sphagnum Moss, Pakis dan Arang.

Pot : dapat menggunakan pot keramik, pot plastik, kayu yang dapat disimpan di atas meja dan dapat digantung.

Suhu, Kelembapan dan Cahaya optimal berkisar antara 21 – 28 derajat Celsius di malam hari dan 27 – 31 derajat Celsius di siang hari. Kelebapan optimal adalah 65% – 85%. Cahaya yang dibutuhkan 60% – 75%.

Penyiraman ukuran baku dalam penyiraman tergantung kadar air yang terserap media tanam. Oleh karena perbedaan aplikasi penyiraman tergantung media tanam. Contohnya untuk Pakis dapat dilakukan pagi hari setiap hari.

Medium Size

Medium Size

Pemupukan tergantung dari fase pertumbuhan seperti bibit hingga remaja dapat menggunakan pupuk dengan kadar N:P:K = 25:5:20dan 30:10:10. Menjelang remaja hingga dewasa dapat menggunakan pupuk dengan kadar N:P:K = 20:20:20 dan 21:21:21. Untuk merangsang pembungaan dapat menggunakan pupuk dengan kadar N:P:K = 13:27:27, 10:55:10, 6:30:30 atau 10:40:15.

Beberapa hibrida hasil persilangan telah kami hasilkan terutama dari induk silangan yang memiliki tingkat kerajinan berbunga baik. Hibrida-hibrida tersebut antara lain :

Daftar Produk Cattleya LC


4 thoughts on “Merawat & Membungakan Cattleya ‘the Queen of Orchid’

  1. Putri Wahyuni Samosir says:

    maaf,
    saya mau beri masukan ..

    menurut saya,
    sebaiknya, info daLam situs ini diperbanyak lagi dengan klasifikasi anggrek cattleya ..
    Terima kasih…

    *** GOD bless ***

      • Utomo says:

        Saya pemula dan baru2 ini saya mendapat 2 tanaman anggrek Cattleya, yang satu sedang berbunga dan satu lagi sudah selesai berbunga dan tumbuh tunas.
        Pertanyaannya, untuk keadaan sedang berbunga, apa bisa kita beri semprotan fungisida dan insektisida, kalau dipupuk, diberi pupuk apa?
        Untuk yang sedang tumbuh tunas, bagaimana mempertahankan tunas tetap hidup dan tumbuh besar, Karena Pseudobulbnya kriput2, sementara ini saya beri pupuk organic 2xseminggu.
        Saya kawatir kalau tunas anakannya mati, karena ketidak-tahuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s