Sun Burn … Kerusakan Fisiologis pada Daun Anggrek

Sun Burn pada daun Cattleya

Sun Burn pada daun Cattleya

Untuk para penghobi Anggrek baru, terkadang sulit untuk menempatkan anggrek di rumahnya. Saat masih berbunga dapat disimpan di teras rumah atau bahkan di ruang tamu sebagai penghias ruangan. Tetapi saat bunga sudah layu berguguran, di mana letak yang tepat untuk menyimpan anggrek tersebut. Beberapa penghobi bahkan ada yang sudah memiliki tempat naungan untuk anggreknya. Dibuat dengan sederhana menggunakan Shading net atau bahkan ada juga yg mengandalkan kanopi pohon yang besar.

Sun Burn pada daun Dendrobium

Sun Burn pada daun Dendrobium

Namun ada kalanya penghobi yang hanya memiliki beberapa pot anggrek menjadi kesulitan dalam memeliharanya. Dan keputusan yang diambil dengan menyimpan begitu saja di halaman tanpa memperhatikan sinar matahari yang diterima oleh daun.

Pada dasarnya anggrek epifit adalah anggrek yang dapat tumbuh dengan menempel pada pohon atau pun di bebatuan di hutan. Dapat tumbuh dan berkembang dengan naungan kanopi pohon besar dan tinggi, sehingga intensitas cahaya matahari yang diterima oleh daun menjadi berkurang. Atau mungkin hanya menerima sinar matahari penuh saat pagi dan sore hari, sehingga panas terik sinar matahari tidak terlalu menyengat.

Sun Burn pada Daun Coelogyne

Sun Burn pada Daun Coelogyne

SUN BURN atau terbakar matahari merupakan gejala kerusakan secara fisiologis. Yaitu gejala di mana larutan dalam sel-sel tanaman menguap karena respirasi yang sangat cepat. Sehingga tampak kerusakan secara fisiologis dengan gejala seperti :

1. Adanya kerusakan jaringan di atas permukaan daun, berupa lingkarang berwarna putih jika tidak terlalu parah dan akan berubah warna menjadi coklat (gosong) jika terkena sinar matahari yang sangat terik;

2. Adanya cekungan pada permukaan daun dan hanya meninggalkan bekas berupa jaringan seperti jaring yg sudah kering;

3. Daun akan berlubang jika terkena sinar matahari yang sangat terik.

Seidenfadenia mitrata 'LC Blue Lip'

Seidenfadenia mitrata 'LC Blue Lip'

Untuk itu diperlukan informasi yang akurat bagaimana mencegah dari kerusakan SUN BURN pada anggrek kita. Informasi yang harus kita peroleh adalah : 1). mengetahui habitat dari anggrek yang kita pelihara. Apakah anggrek tersebut dapat adaptif terhadap sinar matahari yang kuat atau perlu dinaungi; 2). Sebagai penghobi pun harus mengetahui intensitas cahaya yang diperlukan anggrek walaupun tidak menggunakan alat. Caranya dengan trial and error mengamati pertumbuhan; 3). mencoba untuk selalu bertanya dan mencari informasi tentang budidaya anggrek. Sinar matahari merupakan faktor utama dalam pertumbuhan anggrek. Sinar matahari menyediakan energi untuk mengolah CO2 dan H2O menjadi fotosintat dalam siklus fotosintesis anggrek. Tapi pengetahuan mengenai kebutuhan akan sinar matahari pada anggrek pun perlu kita ketahui. Selain itu informasi ini dapat bermanfaat untuk membedakan kerusakan pada anggrek, apakah terkena serangan hama atau penyakit, ataukah kerusakan fisiologis akibat kesalahan dalam budidaya anggrek.

Berikut beberapa genus anggrek beserta persentasi intensitas cahaya (cahaya diterima) yang adaptif terhadap pertumbuhan:

1. Aerides 90-100%

2. Arachnis 100%

3. Bulbophyllum 65-75%

4. Cattleya 65-75%

5. Cymbidium 65-75%

6. Dendrobium (section Spatulata) 75-100%

7. Dendrobium (section Latourea) 65-75%

8. Dendrobium (section Nobile) 55-70%

9. Grammatophyllum 65-75%

10. Phalaenopsis 40-55%

11. Paphiopedilum 65-75%

31 thoughts on “Sun Burn … Kerusakan Fisiologis pada Daun Anggrek

  1. nana says:

    tempat saya sulit air dan panas,tapi aggrek dendro saya bisa tumbuh baik,tapi saya taruh di teras dan hanya dapt sinar di pagi hari,dan rajin menyiram tiap pagi degan air cucian beras, kadang air cucian dagibpermasalahannya yang warna kuning kok sulit berbunga padahal pertumbuhan tunas sangat dan banyak dan bagus? kenapa ya?

    • Kiki Hendarsyah says:

      Jenis Anggrek Dendrobium merupakan jenis yang relatif kuat dan dikatakan tahan segala kondisi. Dari mulai kering hingga basah sekalipun. Walaupun dalam ambang batas yang normal. Artinya faktor tumbuh yang diakibatkan oleh lingkungan seperti air, sirkulasi udara, kelembapan dan sinar matahari tetap terpenuhi. Untuk jenis anggrek Dendrobium yang berwarna kuning dengan permasalah sulit berbunga dibandingkan dengan jenis lain mungkin dikarenakan faktor genetik (keturunan) dan dari pertumbuhan tunas yang banyak dimungkinkan pertumbuhannya lebih mengarah pada pertumbuhan vegetatif (tunas, akar, batang dan daun) tidak mengarah pada pertumbuhan generatif (pembungaan). Coba 1) dirangsang dengan menggunakan pupuk berkadar P tinggi; 2) split batang (pemotongan, perbanyakan batang); 3) stress air dengan menghentikan sementara penyiraman.

      Selamat mencoba….

  2. Yanuar says:

    Bp. Kiki,

    Saya mempunyai coelogyne pandurata (maaf kalo salah penulisan) hasil split. Kondisi bulb tua 2 sedang bulb baru 2 belum membesar/mengelembung. Nah yg ingin saya tanyakan adalah bulb yg tua, daun pada ujung nya menjadi coklat seperti kering, dan terus merambat ke pangkal mengapa bisa begitu ? Media tanam pot tanah liat bawah arang atas cacahan pakis, cahaya pagi sampai siang tanpa naungan penyiraman pagi hari dan outdoor, bulb baru tumbuh normal. Tolong bantuan penyebab dan cara mengatasi hal diatas. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Salam, Yanuar

    • Kiki Hendarsyah says:

      Untuk Coelogyne pandurata yang bapa maksud, dari segi pot dan media tidak masalah karena anggrek tersebut tidak memerlukan media khusus. Untuk cahaya pagi sampai siang apakah dari awal sudah di tanam di tempat yang sama …? Jika ya kuning daun tersebut bukan diakibatkan oleh sun burn (terbakar sinar matahari) karena anggrek tsb sdh dapat beradaptasi. Tempat outdoor dan disiram setiap hari pada pagi hari pun tidak masalah namun perhatikan jika terjadi hujan tidak perl disiram karena media masih basah. Daun tua yang mulai kuning dari ujung bisa saja terjadi karena bebeapa kemungkinan. Kemungkinan pertama mati fisiologis atau bahasa sederhananya ya sudah umurnya apalagi sudah displit, kedua mungkin terjadi karena plasmolisis (hilangnya cairan dalam sel karena penguapan) atau bahasa sederhananya dehidrasi, hal ini terjadi karena adanya mekanisme perlindungan diri dari cekaman (split) tadi, seperti pohon jati untuk mengurangi penguapan akibat stres kering menggugurkan daun, kalo anggrek karena luka split. ketiga bisa karena terserang jamur biasanya Antracnose bisa bermula dari sisi daun atau Colletotricum di tengah daun melingkar. Sekian informasi dari saya. Semoga membantu.

      LC

      • Yanuar says:

        Terima kasih atas jawaban nya Pa Kiki,
        Kemungkinan memang alasan pertama faktor umur, karena yg ke dua dehidrasi tidak mungkin di lihat dari bulb yg tidak kisut, masih segar, yg ketiga juga tidak ada gejala yg disebutkan.
        Sekali lagi terima kasih, atas analisa yg sangat rasional disertai alasannya.
        Salam, Yanuar

  3. Dini says:

    Pak Kiki, Saya membeli cattleya bulan Juli lalu sewaktu pameran flora/fauna di Lapangan Banteng, saat itu bunganya besar berwarna maroon. Setelah selesai bunganya, keluar lagi calon bunga dari anaknya tapi lama-lama amplop bunganya mengering. Sudah dua batang baru yang amplopnya mengering. Menurut bapak, apa yang harus saya lakukan? Terima kasih pak.

    • Kiki Hendarsyah says:

      Kondisi amplop cattleya yang gagal mengeluarkan bunga dikarenakan :
      1. Kondisi lingkungan yang berbeda jauh dengan kondisi pemeliharaan awalnya. Kita tau Cattleya yang di jual di pameran kebanyakan import dari Taiwan;
      2. Kondidi lingkungan tempat tumbuh sekarang terlalu kering/kurang lembab dan panas;
      3. Aspek pemeliharaan di kebun produksi dengan kita sebagai penghobi berbeda. Misalnya pupuk dan penyiraman, sehingga cattleya kita perlu beradaptasi dengan semua faktor tersebut;
      4. Tunggu saja bu, jangan di split. Apabila sudah beradaptasi bisa berbunga normal.

  4. Welly Winardy says:

    saya baru membeli anggrek bulan dipameran dan tadi pagi baru saya jemur selama 1 jam.setelah itu saya masukkan kedalam ruangan. tapi pada daun terdapat bercak kekuningan karena sunburn. apakah ada cara mengobati sunburn? apakah dibiarkan saja tidak akan berakibat pada anggrek?
    terima kasih

    • Kiki Hendarsyah says:

      Sun burn pada daun anggrek Phalaenopsis merupakan kerusakan fisiologis yang jika berwarna kuning tidak dapat disembuhkan kecuali kalo baru sekedar keriput ato dehidrasi. Untuk penanganannya simpan di tempat yang teduh dan tidak terkena matahari secara langsung. Namun tanaman seperti anggrek memiliki respon terhadap lingkungan yang tercekam. Beberapa daun yang muncuk setelah itu akan lebih kuat terkena sinar matahari walaupun tetap tidak bisa langsung alias harus ternaungi.

  5. Ryan Santika says:

    salam kenal…..
    – saya pengemar anggrek bulan, sebagai pemula saya masih belum tahu apa yang menjadi penyebab anggrek saya tidak tumbuh dengan subur, anggrek bulan saya di gantung di pekarangan rumah yang mendapat sinar matahari pagi sampai jm 10 siang.sy memberi pupuk daun seminggu 2kali dan pupuk bunga 1 bulan sekali., anggrek tersebut saya tanam di pot plastik dengan pinggirannya saya beri beberapa lubang udara dan medianya arang,pakis dan mos, tapi kenapa daunnya layu dan berkerut serta pertumbuhan akarnya tidak maxsimal.
    – apakah anggrek yang berbatang dan akarnya kering serta tidak berdaun, itu tandanya sudah mati apa belum ? kalau masih hidup bagamana cara mengatasinya biar tumbuh subur ?
    – dipucuk daun anggrek bulan ada bintik2 coklat dan lama kelamaan pucuknya kering, itu terserang penyakit apa ? bagaimana cara mengatasinya ?
    – kalau pucuk daun kering bagaimana pertumbuhan daunnya ? apakah akan ada tunas baru lagi, disamping batang ?
    ditunggu jawabannya
    terimakasih
    ( Ibu Ryan Santika – Bdg )

    • Kiki Hendarsyah says:

      Dear Ibu Ryan di Bandung

      Daun layu dan berkeriput diakibatkan oleh dehidrasi atau terjadinya proses penguapan di permukaan dau yang lebih cepat dari penyerapan air oleh akar. Maka saya sarankan walaupun hanya terkana sinar matahari dari pagi hingga jam 10, tapi kalau tidak ada peneduh seperti net tetap saja sengatan matahari akan menyebabkan daun dehidrasi. Apalagi pada musim kemarau seperti ini jam 8-10 sudah panas.

      Anggrek berbatang (pseudobulb) tidak selalu dapat dikatakan mati jika akar sudah kering atau tidak berdaun, apalagi batang masih segar, berwarna hijau. Untuk jenis dendrobium dapat mengeluarkan Keiki dari ruas-ruas batang. Coba di balik cara menyimpannya, biasanya akan keluar tunas baru.

      Bintik coklat harus dilihat gejalanya, ukuran, berlubang atau tidak… nanti salah identifikasi…

      Pucuk daun kering untuk anggrek bulan akan tumbuh daun baru atau jika pangkal batangnya mati akan tumbuh dari samping tunas baru.

      Kiki Hendarsyah

  6. Veronica says:

    Dear Pak Kiki,

    Salam kenal.
    Saya pecinta anggrek dan adenium. 2tahun lalu anggrek dendrodium saya rajin berbunga saat saya taruh di taman yg kena matahari pagi – siang. Stelah saya pindahkan ke area yg lebih teduh, skrg jarang berbunga, batang pada kering, bahkan ada yg batangna besar lama lama jadi ciut, akar kopong dan hitam. Awalnya saat saya lihat daun mulai keriput n kuning, saya kira kurang air, saya siram dg selang air setiap pagi n dg sprayer setiap malam.
    Apakah anggrek saya kurang air atau kelebihan air ?
    Bagaimana merawat anggrek bulan supaya rajn berbnga dan daun tidak layu / keriput ?

    Tq,
    Veronica

    • Kiki Hendarsyah says:

      Salam kenal Veronica..

      Untuk jenis anggrek yang disebut di atas kemungkinan anggrek yang menyukai sinar matahari langsung. Sinar matahari yang diserap anggrek dapat memicu pertumbuhan dan pembungaan yang baik karena proses fotosintesisnya optimal. Kemungkinan setelah dipindah adalah tempat baru yang lebih teduh kurang sinar matahari, aliran udara kurang baik dan terlalu lembab sehingga mudah terserang penyakit. saran saya jika anggrek kita sudah baik dan tumbuh optimal tidak di pindah-pindahkan lagi. Karena akan memakan waktu untuk proses adaptasi.

      Thanks..

  7. purnomo says:

    Mas, ini sama persis kyk anggrek sya.. Sya punya 5 taneman anggrek terus yg 2 jenis lainnya daunnya koq jadi kuning kyk mau mati gitu,, apa yg harus sya lakukan dan tidak boleh di lakukan,, mohon pencerahan..?

    • Kiki Hendarsyah says:

      Coba dikirim fotonya pa.. kuning pada daun anggrek dapat terjadi pada anggrek yang dehidrasi atau bisa karena penguapan akibat kelembapan rendah, bisa juga karena terbakar matahari. Gejala tersebut masuk ke dalam kerusakan fisiologis akibat lingkungan. Ada pula daun kuning akibat hama dan penyakit. Untuk serangan hama dapat dilihat di bawah daunnya, apa ada gejala mengkilat (terserang thrips) atau titik-titik kecil warna merah (terserang red sprider). Aatu terserang penyakit baik dari jamur, bakteri maupun virus, walaupun kebanyakan dari jenis jamur.

  8. ejuna says:

    Pak, sy punya anggrek jenis dendrodium, sy taro di balkon, yg hampir 100 persen terkena matahari, tp daun2 nya ada putih diameter 1 centi, sy musti gimana yach, pdhl sy ud taro ember2 yg berisi air supaya tidak terlalu panas. Sebelum dan sesudahnya terima kasih

    • Kiki Hendarsyah says:

      Dear Ejuna…

      Daun Dendrobium yang di simpan di balkon dan terkena matahari langsung meruapakan gejala awal terpapar matahari langsung (sun burn). Untuk Dendrobium hybrids atau kriting ga masalah karena awal adaptasi. Karena kecenderungan Dendrobium jenis ini menyukai sinar matahari walaupun pada awalnya sun burn… Ember buat apa yah? kalo maksudnya untuk menjaga kelembapan udara sekitar saya pikir tidak berhubungan langsung dengan sunburn..

      • ejuna says:

        Pak, daun anggrek nya ud ng putih2 lg, sudah bs menyesuaikan dngn lingkungan, sy ksh vit B, sm air kelapa

  9. Pensiuni Bacau Ieftine says:

    Hoteluri Baile Herculane

    Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to
    say that I’ve really enjoyed surfing around your blog posts.
    In any case I will be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!

  10. Angreta says:

    Dear Pak Kiky,
    Salam kenal Pak Kiky, sy dua bulan yang lalu beli anggrek vanda di pameran lapangan banteng. Pada awalnya vanda nya segar baik dari daun sampai dengan akarnya. Dan sy siram dengan sprayer 2 kali sehari. Belakangan ini daunnya makin lama makin berkerut, dan akarnya mengering. Padahal penempatannya telah teduh yaitu di bawah teras. Apakah itu tanda kelebihan air atau malah kurang air ya? Mohon pencerahannya ya Pak. Terima kasih

    • Kiki Hendarsyah says:

      Dear anggreta…
      Daun keriput dan akar kering karena kelembapan rendah dan suhu tinggi walaupun sudah ternaungi. Intinya anggrek Vandanya dehidrasi kekurangan cairan.. saran saya anggrek vanda disiram lama untuk tetap segar bukan hanya di semprot/spraying… untuk menyegarkan kembali coba siram kurang lebih 5-10 menit setiap pagi dan siang tambah semprot vitamin B1 dan utk sementara sampai segar hentikan dulu pemupukan yg terlalu pekat.

  11. Rizal says:

    Pak, seminggu yg lalu saya dibawakan oleh2 yang katanya berupa tanaman anggrek yang banyak ditemui di dalam hutan2 bakau di pesisir papua barat. Saya sendiri belum tahu spesies anggrek apakah tanaman2 yang diberikan kepada saya itu. Tanaman2 anggreknya sendiri belum berbunga semua. Oleh karena itu, Bolehkah saya kirim email ke Bapak untuk mendapatkan informasi spesies2 anggrek tersebut?

  12. Annisa says:

    Dear Pak Kiki,

    Saya memelihara beberapa anggrek di tempat saya bekerja. Kebanyakan jenisnya dendrobium pak, sebagian sudah dewasa, dan sebagian masih masa vegetatif. sebelumnya anggrek2 tsb diletakkan di bawah pohon yang rimbun, tapi terserang hama, jadi skrg diletakkan di dalam greenhouse (tembok kasa, atap Plastik UV). Tanaman anggrek2 tsb skrg banyak yang daunya menguning pak, tapi bukan sperti sunburn. daun menguning bukan hanya daun yang paling bawah, bahkan daun yang bagian atas pun ikut menguning. kira-kira apa yang harus saya lakukan ya pak?

    terima kasih sebelumya. (anggreknya saya tanam di media arang dan pot tanah liat berlubang, penyiraman dilakukan pagi- sore)

  13. Hera says:

    Mas.. saya baru ngeluarin anggrek botolan.. bulan phal ..setelah tiga hari daunnya jd kuning lembek dan keriput.. napa y

    • Kiki Hendarsyah says:

      lembek nya berbau tidak? lembek bening dan berbau biasanya karena busuk diakibatkan oleh serangan bakteri.. kalo kuning keriput seperti dehidrasi mungkin karena kekurangan cairan dan mungkin terlalu kering kondisi tempat tumbuhanya.. baiknya kirim foto agar saya mudah menganalisa..

  14. Yunita says:

    Saya baru beli anggrek bulan yg sudah berbunga, trus saya letakkan d teras biar tekena matahari langsung, ketika saya tengok lg kayaknya terkena sun burn deh. Daunnya layu ma satunya gosong. Apa masih bisa hidup itu pak anggreknya?gmn nanganinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s