Dendrobium ‘Primary Hybrid’ 2

Persilangan dari 2 spesies seperti pada anggrek Dendrobium disebut Primary Hybrid. Untuk menghasilkan suatu jenis anggrek yang baru, proses persilangan dapat dilakukan, hal ini dapat memunculkan keragaman karakter yang sebelumnya belum tampak dari masing-masing induk (Tetua). Salah satu section dalam genus anggrek Dendrobium adalah section Spatulata, dengan ciri khas Petal berbentuk panjang, keriting atau dapat menyerupai tanduk.

Spesies Dendrobium stratiotes x Dendrobium veratrifolium (syn. lineale), menghasilkan Primary Hybrid bernama Dendrobium Sunda Islands. Diregistrasi oleh R. Warne pada tahun 1949.

D. Sunda Island '#1'

D. Sunda Islands '#1'

Hasil keturunan pertama (F1) berbunga putih keriting dengan labellum bergaris merah. Karakter yang diturunkan kedua induk masih sangat terlihat pada bunga keturunannya. Karakter yang menonjol lainnya adalah panjang batang (pseudobulb) yang dapat mencapai 2 meter, di kebun kami bahkan sampai dengan tinggi 1,5 meter belum mengeluarkan bunga. Dapat dianalisis bahwa keturunan dari kedua spesies induk tersebut dapat berbunga hingga mencapai ketinggian dan jumlah bulb tertentu.

Hingga tahun 2006 telah tercatat 7 generasi dari Primary Hybrid Dendrobium Sunda Islands. Persilangan generasi ke-2 dengan spesies lainnya antara lain :

D. Sunda Islands x D. gouldii = D. Kam Heights

D. Sunda Islands x D. phalaenopsis = D. Rhona Sen

D. Sunda Islands x D. schulleri = D. Gerry

D. Sunda Islands x D. undulatum (syn. discolor) = D. Lowana Prefusion

D. Sunda Islands x D. taurinum = D. Fran’s Charm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s