Sphagnum Moss Sebagai Media Tanam Anggrek

Kemasan Spagnum Moss yang masih kering

Media tanam anggrek yang biasa digunakan oleh petani anggrek di Indonesia menggunakan cacahan pakis, arang kayu, humus kaliandra, serabut dan chip dari sabut kelapa, dan akar kadaka dari tumbuhan (Simbar menjangan) Asplenium. Namun berbeda halnya dengan media yang biasa digunakan oleh industri anggrek di negara Sub-Tropis seperti Eropa, Asia Timur khususnya Taiwan dan Jepang dan Amerika. Hal ini dikarenakan kemudahan dari memperoleh media tersebut dan kebiasaan budidaya. Permasalah akan timbul tatkala import anggrek dari negara Taiwan contohnya yang menggunakan media Sphagnum Moss. Tentunya memahami informasi penggunaan media tersebut dibutuhkan karena berbedanya sifat fisik.

Sphagnum Moss jarang sekali digunakan di Indonesia karena selain harganya mahal keberadaannya sulit didapat. Namun Sphagnum Moss memiliki beberapa kelebihan, antara lain : 1) dapat menyerap air dan mempertahankan air dengan baik, 2) menjaga kelembapan media dan lingkungan sekitar anggrek, 3) dapat menyerap dan menyimpan pupuk, walapun pemupukan anggrek melalui daun tidak intensif. Dengan demikian pertumbuhan anggrek akan lebih cepat. Namun kelemahan dari media tersebut belum banyak diketahui oleh petani dan penghobi anggrek di Indonesia. Sifat fisik yang menyerupai lumut dapat menyerap air dengan baik membutuhkan kecermatan dalam menyiram tanaman anggrek kita. Jangan sampai terlalu basah karena dapat mengakibatkan media jenuh air sehingga media menjadi asam, lapuk dan ditumbuhi lumut. Jangan pula sampai terlalu kering, karena sifat sphagnum moss yang dapat menyerap kelembapan dan air di akar anggrek. Sehingga anggrek kita akan merana jika media terlalu kering.

Dtps. Taida Salu ex Taiwan menggunakan media Sphagnum Moss

Sphagnum Moss baik digunakan untuk anggrek dari genus Phalaenopsis, Paphiopedilum, Oncidium, Cattleya dan Catasetum, terutama saat fase bibit. Pertumbuhan akan lebih cepat. Anggrek Phalaenopsis yang di import dari Taiwan biasanya menggunakan media tersebut dalam pot putih transparan sampai dengan berbunga.

Perlakuan budidaya anggrek yang berbeda dengan negara asalnya Taiwan, mengharuskan kita cermat dalam memelihara. Sehingga perawatan anggrek dengan media tersebut perlu dipelajari dengan seksama, agar anggrek kita tumbuh dan berbunga dengan optimal. Selamat mencoba.

6 thoughts on “Sphagnum Moss Sebagai Media Tanam Anggrek

  1. Sarah says:

    Aku mau Spagnum moss? Berapa banyak harus di beli, minimal? Spagnum moss kamu masih hidup & bisa di tanam, atau Moss yg kering? Terima kasih.

      • Kiki Hendarsyah says:

        Pembelian Moss… kemasan 4,5-5kg per bal harga 600rb belum termasuk ongkos kirim. Jika menggunakan TIKI, JNE dapat langsung diterima di tempat dan jika menggunakan cargo udara dapat diambil sendiri di bandara. Harga ongkos kirim tergantung dari masing2 perusahaan cargo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s