Bijak Membeli Anggrek

Cym. Chen's Ruby
Cym. Chen’s Ruby termasuk genus Cymbidium yang dapat tumbuh dan berbunga di dataran medium tidak seperti kebanyakan Cymbidium yang dapat berbunga di dataran tinggi

Kegemaran pada anggrek dan informasi yang kurang terhadap cara merawatnya, akan membuat bingung dalam merawat anggrek. Akhirnya ‘kapok’ membeli anggrek. Hal ini juga pernah di alami oleh setiap orang yang masih awam memulai hobby tanaman epifit ini. Berbeda halnya jika kita hanya menikmati bunganya saja, setelah layu bisa saja kita abaikan bahkan mungkin tanamannya di buang ke tong sampah. Namun tidak demikian bagi penggemar tanaman, sekalipun sudah tidak berbunga, akan di rawat agar berbunga kembali.

Sedikit tips untuk penghobi anggrek yang baru mulai dalam memilih anggrek, sehingga lebih bijak dalam membelinya:

1. Sesuaikan anggrek yang kita beli dengan tempat tinggal kita, pastikan anggrek tersebut sesuai dengan di mana kita tinggal, di daerah dataran rendah atau pesisir yang panas, daerah dataran sedang yang sejuk atau daerah dataran tinggi yang relatif dingin;

2. Pastikan cahaya matahari yang dibutuhkan oleh anggrek tersebut, apakah cocok di bawah terik matahari, atau harus ternaungi, baik oleh kanopi, pohon atau dinding rumah, Hal ini akan menentukan kerajinan berbunga;

3. Tetap beri asupan nutrisi anggrek yang telah kita beli, jangan sampai kita lupa untuk memberi pupuk dan menyiram anggrek, walaupun masih berbunga;

4. Pastikan umur muncul berbunga kembali, karena tidak semua jenis anggrek tidak bisa langsung berbunga kembali setelah selesai berbunga, bahkan beberapa jenis anggrek akan istirahat (dorman) dengan waktu yang tidak sebentar;

5. Cari informasi baik dari buku, kawan, komunitas atau pun media elektronik lainnya untuk mengetahui dan menambah informasi seputar anggrek.

Sekian sedikit tips yang dapat kami informasikan, jika ada pertanyaan silakan untuk menghubungi kami atau memberikan komentar terhadap tulisan ini. Salam Anggrek.

Published by Kiki Hendarsyah

Berawal dari hobi yang kami komersilkan. Kecintaan pada anggrek membuat kami berusaha untuk terus berkembang. Mencari informasi, belajar, menjalin jaringan sesama penghobi dan pebisnis.

2 thoughts on “Bijak Membeli Anggrek

  1. saya memang baru pemula sebagai penggemar anggrek…anggrek yg aku beli selalu yg sudah mekar,, supaya tahu warna & bentuk dr bunga anggrek itu sendiri. saya pernah di tipu penjual anggrek,, 😦 cz belinya yg masih baby (jenis Cattleya…) maklum masih pemula,, tapii whateverlah… akhirnya saya berhasil membungakannya.. kecewapun hilang deh.. meski g seperti yg saya hrapakan.. Saya pecinta anggrek bulan, terutama yang Hybrid, cz warnanya beragam, awalnya maksa sih, cz aq tinggal d dataran rendah yg panas,,awalnya bingung setelah bunga rontok mo d apain??? ternyata setelah cari info ksana kmari finally aku bisa membungakan untuk ke-2 kalinya & sekarang msh berbunga, seneng banget rasanya.. untuk sementara koleksiq msh sedikit : di mulai dr anggrek pertama yg aku tanam si ungu Dendrobium biggibum, terus Cymbidium Aloefolium, Oncidium Golden shower, Aerides orodata, Vanda Tricolor, Coelogyn Spesiosa, Dendrobium Anosmum, Nervillia Plicata, Phalaenopsis, Paphilopedilum dan beberapa anggrek spesies yg blm tahu namanya favorit saya si kuat Vanda Douglas yg tahan cuaca ekstrim (asal d kena sinar mata hari penuh pasti rajin berbunga ).. hemmm.. saya masih butuh banyak bimbingan ni,,,, hubungi saya ya untuk sharing : ) Pin ; 73d73339

Leave a comment