Brassocatanthe Yuan Nan Mini

Brassocatanthe Yuan Nan Mini

‘November Rain’ percis judul lagu Band Rock Gun’s n Roses di tahun ’90an. Tapi bukan karena judul lagunya, kondisi hujan hampir setiap hari memberikan dampak baik untuk anggrek dari kerabat Cattleya ini. Hampir dua tahun dirawat sedari ukuran Seedling, melalui musim kemarau yang panjang dan panas sebelumnya.

Brassocatanthe Yuan Nan Mini, bisa kita uraikan nama Genus dari berbagai spesies yang berbeda. ‘Brasso’ berasal dari Genus Brassavola salah satu induknya berasal dari Brassavola nodosa. ‘Cat’ merupakan potongan dari Genus Cattleya, yang menyumbang induk dari spesies Cattleya milleri dan Cattleya guttata. Sedangkan kata ‘anthe’ berasal dari potongan kata Guarianthe dengan spesies Guarianthe aurantiaca.

Masih dalam keluarga Cattleya, atau biasa dikenal dalam dunia peranggrekan Cattleya Alliance. Brassocatanthe Yuan Nan Mini di registrasi oleh V. Boonyuenvetwat tahun 2014 dalam catatan RHS (Royal Horticulture Society) London. Hingga tahun 2021 belum terdapat Progeny (keturunan) yang telah diregistrasi. Karakteristik dari anggrek ini mulai dari bunga multiflower berukuran diameter 6 cm dengan sepal dan petal meruncing di ujung membentuk bintang dengan warna kuning. Labellum dengan lebar 2,5 cm dengan titik-titik merah menyebar diatas warna dasar kuning hingga mendekati column. Daun berpasangan lancip dengan lebar 2 cm dan panjang bisa mencapai 19 cm berwarna hijau. Bulb berwarna hijau di balut selaput berwarna putih saat sudah kering. Tinggi tanaman sekitar 29 cm. Akar berwarna hijau diliputi selaput berwana putih. Untuk ukuran keluarga Cattleya termasuk anggrek mini.

Jenis ini menyukai akar terbuka dengan perawatan yang mudah. Di halaman kebun kami, anggrek ini ditanam dalam pot plastik berlubang berukuran 8 cm dengan gantungan kawat. Untuk media kami menggunakan campuran cacahan pakis + arang yang dipotong seukuran dadu. Untuk perawatan disimpan di bawah shading net berukuran 50cm tanpa atap, yang berarti ditempatkan langsung kena air hujan. Pemupukan dilakukan 1 minggu sekali untuk di musim hujan ini, sedangkan di saat musim kemarau pemupukan dilakukan 2 kali dalam seminggu. Intensitas penyiraman pada musim hujan tidak dilakukan, namun jika diperlukan penyiraman dilakukan 2 hari sekali saat kondisi media kering.

Ok.. sekian dulu ulasan dari kami LC Orchids Nursery & Laboratory, semoga bermanfaat.

Published by Kiki Hendarsyah

Berawal dari hobi yang kami komersilkan. Kecintaan pada anggrek membuat kami berusaha untuk terus berkembang. Mencari informasi, belajar, menjalin jaringan sesama penghobi dan pebisnis.

2 thoughts on “Brassocatanthe Yuan Nan Mini

Leave a comment